| WELCOME TO INFO POPULER... | HAVE A NICE VISIT... |

Tips Berbelanja di Internet | Belanja Online

seperti yang kita ketahui bahwa pengguna internet di negara kita sudah mulai banyak. Masyarakat kita mulai menghabiskan sebagian waktu luangnya walau hanya sekedar untuk membuka situs jejaring sosial, bermain game online, mencari artikel, membaca berita, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit individu tertentu yang memanfaatkan internet sebagai tempat untuk berjualan, sehingga sekarang ini mulai banyak iklan-iklan yang cukup menggiurkan di situs-situs tertentu, yang dimanfaatkan untuk berjualan. Nah bagi

Anda yang kebetulan mulai saat ini sedang ingin mencoba berbelanja di internet, mungkin tips berikut ini bisa membantu Anda dalam aktifitas berbelanja di internet supaya tidak terjebak dalam kasus-kasus penipuan. Mari kita simak tipsnya.

1. Jika Anda tertarik untuk mencoba berbelanja di internet, tanyalah terlebih dahulu pedagang tersebut lokasi fisiknya (alamat dan nomer teleponnya) sehingga Anda bisa memeriksa reliabilitasnya.
2. Periksalah kebijaksanaan/peraturan perusahaan penjual terhadap pengembalian uang dan barang sebelum Anda melakukan Order.
3. Jangan pernah memberikan password Internet Anda. Ketika membuat password, hindarkan penggunaan nomor yg sudah ada seperti nomor rumah Anda, tanggal lahir atau no.telepon atau no.KTP. Jika situs tersebut meminta Anda membuat suatu rekening dgn password, jangan gunakan password yg sama untuk rekening atau situs yg lain.
4. Berhati-hatilah bila diminta memberikan informasi pribadi, seperti NO.KTP atau NO. rekening bank pribadi Anda untuk melakukan transaksi. Informasi pribadi jarang diperlukan dan seharusnya Anda mawas diri.
5. Berikan perhatian pada "Alamat" dari situs - Uniform Resource Locator (URL)nya. URL tsb memastikan Anda berhubungan dgn perusahaan yg sebenarnya. Merupakan kebiasaan yg baik untuk mencetak order Anda dan nomor konfirmasinya ke printer sbg catatan Anda.
6. Ketahuilah hak-hak Anda. Hukum yg menlindungi Anda bila Anda berbelanja menggunakan telepon atau MAIL ORDER juga akan menlindungi Anda bila berbelanja di internet. Menurut peraturan tersebut, perusahaan harus mengirimkan order Anda dalam waktu yg sama dgn waktu yg tertera di iklan. Jika tidak ada waktu yg di janjikan, perusahaan harus mengirimkan order Anda dalam waktu 30 hari setelah menerimanya atau memberikan Anda suatu "pemberitahuan pilihan"
7. Jika Anda memutuskan untuk membayar menggunakan kartu kredit atau kartu debet, transaksi Anda akan dilindungi oleh Fair Credit Billing Act (Hukum penagihan kredit yang fair). Jika Anda tidak merasa nyaman untuk memberikan no. kartu kredit atau kartu debet secara online. Kirimlah nomor tersebut melalui telepon atau fax perusahaan tersebut.


Semoga bermanfaat.

No comments:

support by