| WELCOME TO INFO POPULER... | HAVE A NICE VISIT... |

MENANGANI HARDDISK YANG BERMASALAH

Pada harddisk yang terhitung keluaran terbaru, saat beroperasi biasanya bersuara tenang. Tetapi saat mulai terdengar suara-suara yang tidak biasanya muncul saat harddisk beroperasi, sebaik mulailah curiga. Suara-suara tersebut seperti suara “klik”, suara seperti barang yang sedang digesek, atau suara mendecit. Berikut petunjuk-petunjuk yang akan membantu untuk menentukan langkah yang harus dilakukan, sebelum data-data yang ada hilang bersama harddisk yang rusak.

Gunakan aplikasi penguji harddisk.
Terdapat benyak sekali aplikasi yang bisa dipakai untuk menguji apakah sebuah harddisk masih dalam kondisi bagus atau tidak. Aplikasi tersebut ada yang freeware dan ada yang tidak.
Aplikasi pertama yang bisa dipakai tanpa harus men-download apa-apa adalah error checking, yang sudah ada di seluruh versi windows. Dengan ini, akan membantu mendiagnosis dan membetulkan error pada harddisk. Berikut caranya :
1. Pada windows explorer, klik kanan pada harddisk yang ingin di scan (C: / D: / lainnya). Lalu pilih properties.
2. Pilih tab Tools, dan klik Check Now.
3. Akan muncul dua opsi. Beri caentang pada Automatically fix file system errors untuk memperbaiki file system yang error, dan ini sangatlah direkomendasikan. Opsi yang kedua adalah Scan for and attempt recovery of bad sectors. Opsi ini akan melakukan scanning ke seluruh area harddisk. Jika ditemukan ada bad sector, maka area tersebut akan ditandai dan mencegah OS agar tida melakukan penulisan data di area yang rusak tersebut. Opsi ini akan memerlukan waktu yang sangat lama, tergantung kapasitas harddisk. So, gunakan bila dibutuhkan.
4. Tunggu hingga semua proses selesai, dan restart bila diperlukan.

Aplikasi yang kedua adalah Seagate SeaTools yang bisa di download pada www.seagate.com/www/en-us/support/downloads/seatools/ . Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu SeaTools for DOS dan SeaTools for Windows. Kedua tools ini gratis, tetapi tetap ada perbedaan antara keduanya. SeaTools for DOS sangat bagus, tapi agak susah dalam pemakaiannya dan hanya mendukung harddisk Seagate dan Maxtor. SeaTools for Windows lebih mudah dipakai dan mendukung lebih banyak harddisk, tapi tidak memiliki fitur sebanyak SeaTools for DOS. Berikut adalah kelebihan-kelebihannya :
• SeaTools for Windows akan menguji segala merk harddisk dengan segala macam interface, termasuk PATA, SATA, USB, FireWire, dsb.
• SeaTools for DOS berisi sebuah fitur yang menguji akustik pada harddisk. Tes ini sangat berguna saat melakukan troubleshooting pada komponen yang berisik. Ia akan memutar piringan yang ada pada harddisk sampai dalam keadaan benar-benar idle, dan membuat harddisk menjadi benar-benar sunyi.
• SeaTools for DOS bersifat independen terhadap OS. So, apapun OS yang dipakai, aplikasi versi ini tetap dapat digunakan.

Kekurangannya adalah :
• Untuk menggunakan SeaTools for DOS, harus membakar image SeaTools for DOS ke CD.
• SeaTools for DOS hanya sanggup menangani maksimal error hingga 100.

Aplikasi gratis yang ketiga yaitu Hitachi Drive Fitness Test (HDFT). Aplikasi ini dioptimalkan untuk harddisk produksi Hitachi atau IBM. HDFT dapat di download dari www.hitachigst.com/hdd/support/download.htm#DFT .
Cara menggunakan HDFT ini bisa melalui disket atau CD. Tidak seperti SeaTools versi Windows dan DOS, HDFT hanya dapat dipakai pada lingkungan DOS, jadi sifatnya independen terhadap OS.
HDFT tidak mendukung produk Microdrive Digital Media atau harddisk dengan USB dan FireWire, tetapi mendukung semua produk Hitachi Travelstar, kecuali seri 8E, 10E, dan C4K.

Nah, aplikasi gratis yang terakhir yaitu Western Digtal Data Lifeguard Diagnostic (WDDLD), yang khusus dirancang untuk harddisk produksi Western Digital. Tetapi juga bisa dipakai untuk mendiagnosis harddisk merk lain, selama harddisk utama yang dipakai adalah merk Western Digital.
WDDLD tersedia dalam dua versi, yaitu DOS dan Windows. Tetapi tidak seperti SeaTools dan HDFT yang dapat digunakan secara universal ke semua jajaran produknya masing-masing, WDDLD tersedia untuk masing-masing seri dar Western Digital. Misalnya harddisk WD Raptor X, maka gunakan WDDLD yang khusus WD Raptor X. WDDLD dapap di download dari www.tinyurl.com/6n3jgv .

Dan perlu diingat, penggunaan aplikasi-aplikasi diagnosis tersebut hanya menandai area harddisk yang diaanggap rusak, dan mencegah sistem agar tidak menggunakan area rusak tersebut. Aplikas-aplikasi tersebut tidak dapat mereparasi harddisk yang secara fisik sudah rusak. Misalnya karena jatuh atau terkena pengaruh magnet yang kuat.
Jika aplikasi-aplikasi tersebut berhasil mengatasi masalah anda, itu hanyalah bersifat sementara. Masalah yang dialami, suatu saat dapat meuncul kembali atau dapat bertambah parah. So, mulailah rajin mem-backup data dan mengumpulkan dana untuk membeli harddisk yang baru. Karena solusi yang paling tepat dan baik adalah menggantinya dengan harddisk yang baru.

(sumber: pc mild)

1 comment:

dwitera.com said...

hdd lambat baik copy file ato prosesnya..hdd bunyi tik2, waktu cek hdd bagus artinya ga ada bat...masalhnya cuman waktu pemakaian dalam windows, saya pake 160GB sata seagate...mohon pencerahannya...ke email klu bs
dwi_sbh@yahoo.co.id
matus nuhun

support by