| WELCOME TO INFO POPULER... | HAVE A NICE VISIT... |

Masalah Keamanan Media Penyimpanan Personal

Sebentar lagi, sebagian besar pengguna PC bisa memiliki media penyimpanan pribadi yang berukuran terabyte. Mereka bisa meninggalkannya di rumah, di kantor, atau di mobil.

Terabyte mungkin terlihat sangat banyak bagi siapa yang mengingat, hanya 20 tahun yang lalu, media penyimpanan 10Mbyte keluaran PC/XT bisa dibilang sangat mengesankan. Bagaimanapun, sekarang Anda bisa mendapatkan berbagai hard drive eksternal yang bisa menyimpan hingga 250Gbyte. Dengan adanya konsistensi dari peningkatan kapasitas drive, drive multi-terabyte sudah tidak jauh lagi.

Di tahun yang telah lalu, telah terjadi ledakan besar dalam penjualan hard drive eksternal. Salah satu alasannya adalah peningkatan jumlah pengguna mobile PC yang membutuhkan penyimpan portabel.

Saat ini, PC portable berspesifikasi tinggi memiliki hard drive yang besar dan tidak memiliki kemudahan dan kenyamanan untuk mem-back-up nya. Beberapa model, seperti IBM IBM Thinkpad X31 dan notebook nirkabel serupa tidak memiliki Cd atau DVD writer built ini, dan bahkan jika mereka memilikinya, data back up akan membutuhkan kepingan disk cukup banyak. Tetapi mereka memiliki FireWire dan mungkin port USB 2.0, yang membuat back up data ke hard drive eksternal menjadi lebih mudah.

Memang, user mungkin bisa memuat setengah lusin disk yang berisi image ke dalam sistem eksternal murah dengan menggunakan Norton Ghost, Acronis TrueImage atau program-program yang serupa. Karena sistem tersebut adalah sistem portable, mereka juga bisa digunakan untuk mem-backup satu atau lebih PC desktop.

Tentu saja, sangat penting untuk mem-backup data dalam PC notebook yang biasa digunakan di jalan. Mesin yang digunakan sangat rentan kehilangan data karena mesin tersebut mudah kehabisan power dan mudah untuk dicuri.

Hingga baru-baru ini, proses back-up akan diselesaikan menggunakan beberapa tipe format removable, mungkin dari Iomega, atau CD atau DVD-Rom. Hard drive eksternal terbaru telah menyelesaikan masalah tersebut demi kenyamanan pengguna, dan hard drive tersebut memiliki harga yang sangat kompetitif.

Para penyuplai drive eksternal terdepan adalah termasuk LaCie, Maxtor, dan Western Digital. Model Netdisk Ximeta bisa ditempelkan ke dalam PC pribadi atau jaringan kecil melalui pertukaran jaringan. Beberapa sistem menawarkan penyimpanan Raid.

Setiap teknologi pasti memiliki kekurangan. Perusahaan-perusahaan yang telah mengadopsi hard drive eksternal telah mengalami kasus 'bottleneck' saat pengiriman file berukuran besar, korupsi data, dan kegagalan drive.

Ada juga resiko kehilangan kontrol dari sejumlah besar data korporat. Beberapa perusahaan telah diingatkan mengenai resiko yang disebabkan oleh drive USB pen dan musik player portabel, seperti iPod keluaran Apple, yang juga berfungsi sebagai hard drive portable. Tetapi staff yang bisa bekerja dengan 15Gbyte data korporat akan segera bekerja dengan informasi sebesar 1Tbyte.

No comments:

support by