| WELCOME TO INFO POPULER... | HAVE A NICE VISIT... |

Info : Jgn salah menuliskan No. Kartu Kredit

Sekarang ini, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit banyak dilakukan orang. Banyak toko yang menjual barang dagangannya dengan menggunakan kartu kredit. Tidak hanya di toko-toko, belanja melalui internet pun hampir selalu pembayarannya melalui kartu kredit. Akibat dari kemajuan teknologi ini, kejahatan pun mulai meningkat.

Orang-orang mulai memanfaatkan kartu kredit orang lain untuk melakukan pembayaran suatu transaksi. Ini jelas merugikan orang yang memiliki kartu kredit tersebut.

Saat ini, pembayaran dengan menggunakan kartu kredit harus melalui proses otentikasi. Proses ini untuk membuktikan bahwa kartu kredit tersebut memang sah. Dapat juga untuk mengetahui apakah kartunya sedang diblokir atau tidak.

Proses otentikasi ini dilakukan dengan mengakses komputer server dari kartu kredit tersebut secara on-line. Sehingga bila kartu kredit tersebut bermasalah maka dapat langsung diketahui.

Bila kita belanja di internet dan pembayarannya dengan menggunakan kartu kredit, biasanya kita harus mengetik nomor dari kartu kredit, nama pemegang kartu, dan tanggal kedaluwarsa. Pengetikan nomor kartu kredit bisa saja salah, baik itu disengaja maupun tidak.

Bila terjadi kesalahan pengetikan pada nomor kartu kredit, tentunya proses otentikasi ke server menjadi sia- sia. Proses transaksi pasti akan ditolak, karena nomor kartu tersebut tidak terdaftar pada database komputer server.

Jelas ini akan membuang waktu proses. Untuk menghindari kesalahan pada pengetikkan kartu kredit dapat dilakukan pemeriksaan nomor kartu tersebut.

Bagaimana caranya? Semua nomor kartu kredit menggunakan cek digit. Dari cek digit inilah, kita dapat mengetahui apakah nomor kartu kredit yang dimasukkan benar atau salah.

No comments:

support by