| WELCOME TO INFO POPULER... | HAVE A NICE VISIT... |

BIKIN SITUS GRATIS SECARA ONLINE

Pingin punya situs pribadi atau situs bisnis di internet? Tapi tidak tahu sama sekali membuat website menggunakan program webcreator seperti Macromedia Dreamweaver atau Microsoft Frontpage? Atau tidak punya biaya untuk membayar webcreator yang biayanya bisa sampai Rp.5 juta per situs?
Jangan khawatir … Tenang aja … Saya ada solusi buat anda!
Saat ini sudah ada beberapa website yang menyediakan fasilitas bikin website gratis secara online, jadi kita tidak perlu software tertentu, dan hebatnya kita bisa berkreasi atau mengedit website kita kapan dan dimana pun asal ada koneksi internet. Yang tidak punya komputer + akses internet pun bisa, cukup di warnet saja.
Beberapa hari yang lalu saya mencoba membuat website gratis secara online tanpa perlu menggunakan software di sebuah situs penyedia jasa layanan gratis ini. Namanya Webnode, dengan alamat web di www.webnode.com.
Berikut 2 buah situs sederhana yang berhasil saya buat dengan sangat mudah di situs webnode tersebut:
http://macamax.webnode.com dan http://dollargratis.webnode.com
Apa kelebihan webnode dibanding situs sejenis lainnya?
• Support Web 2.0 technology
• Edit web secara real-time
• Bikin web lebih mudah dengan teknologi drag-and-drop
• Tersedia banyak gadgets dan widgets untuk mempercantik tampilan situs
• Ada fasilitas bookmark dan tagging
• Bisa upload berbagai jenis file
• Mengedit dokumen secara On-line
• Hosting gratis
• Bisa menggunakan domain pilihan sendiri
• Tersedia 40 template yang bisa diganti-ganti
• Bisa meng-import template buatan sendiri
• Automatic SEO agar mudah ditemukan search engine
• Tersedia banyak tools seperti Google Adsense, Video YouTube, Form, dll.
• dan masih banyak keunggulan lainnya
Nah, bagaimana cara membuat situs di webnode ?
1. Buka webnode.com
2. Klik tombol Sign Up Now
3. Masukkan nama project yang nantinya akan menjadi alamat situs anda, format .webnode.com.
4. Masukkan alamat e-mail dan tentukan password anda, lalu klik tombol sign up.
5. Setelah itu akan muncul pemberitahuan ucapan selamat bahwa situs anda sudah berhasil dibuat.
6. Selanjutnya anda harus aktivasi keanggotaan anda dengan mengklik link aktivasi yang dikirimkan oleh webnode ke alamat e-mail yang anda gunakan mendaftar.
7. Selanjutnya anda login menggunakan alamat e-mail dan password anda.
8. Ikuti 3 langkah wizard yaitu yang pertama menentukan nama website (nama ini yang akan muncul di halaman website anda nantinya, boleh berbeda dengan nama project/alamat web yg anda buat). lalu tentukan Slogan untuk situs anda sesuai isi situs anda tentunya. Kemudian pilih bahasa yang akan anda gunakan di situs anda. Setelah itu klik tombol Next untuk menuju ke wizard selanjutnya.
9. Pada wizard kedua, anda harus memilih template situs dari 40 template yang tersedia. Pilihlah yang sesuai tema situs yang akan anda buat. Lalu klik tombol Next untuk ke wizard terakhir.
10. Pada wizard terakhir, anda diminta memilih halaman apa saja yang ingin anda buat dan tampil di website anda. Tersedia banyak pilihan seperti: About Us, Contact Us, Feedback, News, Photogallery, Guestbook, Blog, Products, FAQ, Portfolio, Events Calendar, dan Our Team. Pilih sesuai kebutuhan dan tidak perlu khawatir, nanti anda bisa tambah atau kurangi dilain waktu jika diperlukan.
11. Klik tombol Finish untuk melihat bentuk mentah dari website anda.
Nah… selamat anda telah memiliki website pribadi, tetapi tentu masih harus anda edit dari nol.

Cara Mengedit Website Anda
Jika anda masih di member area webnode.com anda bisa langsung klik menu Website Builder. Jika sudah logout, berarti anda harus login terlebih dahulu dengan memasukkan alamat e-mail dan password.
Setelah masuk di fasilitas Website Builder, anda sudah bisa melihat tampilan situs anda sesuai template yang anda pilih. Anda bisa mengedit isinya dengan mengklik menu Edit content, Edit menu, Edit contact, Setting. Setiap selesai melakukan perubahan, anda klik tombol Publish agar perubahan yang anda lakukan bisa tampil di website anda.
Untuk menambah content, anda bisa mengambil tools yang ada di menu website builder tersebut dengan cara drag and drop ke posisi yang anda inginkan di halaman website anda. Bagi anda yang tidak ngerti apa itu drag and drop, itu sama dengan mengklik content/tools dengan tombol kiri di mouse sambil tekan tarik ke posisi yang diinginkan.
Setelah itu anda tinggal mengedit content/tools yang anda inginkan tersebut dengan mengklik menu Edit content atau Setting.
Untuk mengetik dan mengedit tulisan caranya tidak jauh beda dengan cara mengetik di program word processing seperti Microsoft Word. Untuk memasukkan gambar, silahkan tempatkan kursor pada posisi tempat gambar akan ditempatkan, lalu klik menu Insert Image pada menu edit Text and Image.
Untuk membuat link, atau menautkan suatu kalimat dengan alamat situs tertentu, anda blok dulu kalimat tersebut lalu mengklik menu Insert/Edit Link dan masukkan alamat web tujuan.
Setelah memasukkan atau mengedit teks atau gambar, jangan lupa mengklik tombol Save and Close agar hasil pekerjaan bisa ditampilkan di website yang anda buat.
Nah, sekarang anda bisa coba-coba membuat website pribadi secara gratis di webnode dengan panduan singkat ini. Sebenarnya saya ingin membuat panduan ini dalam bentuk e-book yang dilengkapi gambar step by step, tetapi karena saya belum punya cukup waktu, jadi untuk sementara melalui blog saya ini dulu.
Jika ada pertanyaan seputar cara membuat web di webnode ini, jangan ragu menghubungi saya via e-mail. Sedapat mungkin saya akan bantu anda sesuai kemampuan yang saya miliki.

3 comments:

Nove said...

info yang bagus mas,boleh dicoba tuh,kalo hosting gratis brarti tinggal beli domain wae ?

Bertrand Prayoga Amalo said...

Yupz.. Tapi ada juga lho cara untuk dapetin hosting dan nama domain yg gratis..

Tunggu saja infonya..

ina said...

salam kenal
blogku pake webnode juga, mau nanyain gimna caranya ngatur widget di homepagenya. awalnya bisa di drag sesuai keinginan tetapi setelah widgetnya ada sekitar 10 jadi ga bisa didrag lagi kenapa ya?
www.uncategorizedstory.webnode.com

support by